Skip to main content

Media Pembelajaran Big Book

 



Media merupakan alat perantara dalam menayampaikan pesan  dari pengirim menuju audince. Media menjadi salah satu komponen komunikasi yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran yaitu sebagai penjelas pembawa pesan dari guru menuju komunikan atau dalam hal ini adalah siswa Criticos dalam Daryanto (2013:4). Media pembelajaran yang mana  fungsinya  sebagai alat bantu perantara dalam menyampaikan pesan baik berupa isi atau kata-kata dan tulisan maupun non verbal.

Sadiman dalam Sudayana (2015:12) media mempunyai fungsi antara lain :

a)     Membuat informasi menjadi jelas yang nantinya diterima oleh siswa.

b)     Mengatasi keterbatasan baik ruang, waktu dan juga tenaga.

c)     Dapat membuat siswa lebih termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

d)     Memungkinkan anak untuk belajar mandiri dan aktif  dalam proses pembelajaran maupun saat menggunakan media pembelajaran.

e)     Memberi respon atau rangsangan kepada siswa agar lebih siap dalam pembelajaran

Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dalam  PP No 19 tahun 2005, pasal 19, menyatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan di selenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi siswa untuk melatih, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis dari setiap siswa. Dengan demikian untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, inspiratif dan siswa juga bisa berpartisipasi aktif maka satu diantaranya adalah dengan adanya  media pembelajaran yang digunakan di dalam proses pembelajaran, hal tersebut juga harus memperhatikan keseluruhan dari pemberian kesan bermakna dalam proses belajar, maka ketepatan dalam pemilihan media dimungkinkan juga akan berdampak pada hasil belajar siswa.

Penggunaan media pembelajaran berguna untuk mempermudah dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh guru kepada siswa sebagai penerima pesan. Satu diantara media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran agar  siswa mampu berpartisipasi aktif sekaligus mampu menginterpretasikan informasi yang ada  adalah dengan menggunakan media Big book. Big book merupakan satu diantara media buku yang memiliki ciri khusus bila dibandingkan dengan media yang lain, pada media big book memiliki ukuran baik gambar maupun teks yang lebih besar.

Menurut USAID  Big book adalah buku bacaan yang memiliki bentuk baik ukuran teks dan gambar yang sengaja diperbesar. Ukuran untuk media  big book bisa bermacam-macam dengan membuat ukuran kertas A3, A4, A5, atau seukuran koran. big book merupakan satu diantaranya buku bacaan yang berkharakteristik khusus, baik teks ataupun gambarnya. Big book memiliki kharateristik khusus seperti penuh dengan warna pada tampilan gambar atau teksnya gambar yang menarik serta  mempunyai kata yang dapat dibaca dengan jelas memiliki keuntungan untuk cepat dimengerti atau mudah untuk diingat oleh siswa.

Sudjana (2013:50) apabila dilihat dari cara respon belajar siswa maka pengetahuan itu memiliki peranan yang penting oleh karena itu untuk memperoleh satu diantaranya bisa dilakukan dengan cara dihafal, diingat, agar dapat dikuasi dengan baik. agar siswa mampu untuk memahami atau menginterpretasikan materi dengan cara membaca berulang-ulang big book akan menjadi satu diantaranya media yang disenangi oleh siswa untuk belajar lebih banyak hal membuat siswa  akan  termotivasi untuk lebih mencari tahu berbagai informasi  dengan cara membaca tanpa merasa bosan, sehingga mampu mengerti  informasi yang ada pada big book.

1)  Ciri- Ciri Big Book

Pada setiap media pembelajaran yang mana sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar serta dalam upayanya meningkatkan kemampuan atau ketrampilan para siswa maka dalam hal ini setiap media pembelajaran memiliki ciri khusus yang membedakan dengan media pembelajaran yang lain. Hal ini dikarenakan harus disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan siswa. Big book memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a.   Isi cerita singkat jumlah halaman bisa sampai 10-15 halaman

b.   Paparan kalimat jelas

c.   Gambar memiliki arti yang sama dengan teks bacaan

d.   Ukuran huruf lebih besar dan disertai juga dengan gambar

e.   Isi materi bacaan lebih mudah untuk dipahami

Dari paparan di atas mengenai ciri-ciri big book maka dapat disimpulkan bahwasanya setiap media pembelajaran berbeda dengan media pembelajaran yang lain baik dari bentuk, ukuran, tulisannya serta cara menggunakan media itu sendiri.

2)  Manfaat Big Book

Setiap media pembelajaran memiliki manfaat sebagai alat bantu dalam kegitan proses belajar mengajar, demikian pada media pembelajaran Big book memiliki beberapa manfaat bagi guru sebagai alat bantu dalam menarik minat baca, keaktifan serta proses pembelajaran berlangsung tidak membosankan selain itu big book dengan karakteristiknya yang khusus diharapkan dapat menarik perhatian para siswa untuk menyimak materi dan menggali informasi dari teks serta gambar yang ada pada big book saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hal ini sejalan dengan manfaat big book seperti :

a.   Menggali informasi

b.   Mampu memberi pengalaman dalam hal  membaca

c.   siswa dalam memahmi isi buku lebih cepat

d.   mengetahui berbagai jenis bentuk bacaan

e.   Memberi kesempatan untuk membaca secara bersamaan

beberapa keuntungan menggunakan  big book sebagai berikut:

3)  Kelebihan Big Book

a.    Karena big book yang berukuran besar, dimana di dalamnya juga terdapat teks dan gambar sebagai ilustrasi terhadap pokok bahasan materi sehingga siswa dapat melihat, mengamati pokok bahasan apa yang ada di dalam big book yang menggambarkan jalannya cerita dengan ringkas dan jelas, dengan penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dipahami oleh siswa, tentu hal ini akan dapat menarik perhatianserta respon siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

b.    Dengan tampilan big book sendiri yang menarik hal ini membuat siswa akan menjadi tertarik atau merasa ingin lebih mengerti pokok bahasan apa yang ada di dalam big book saat materi atau isi bacaan big book dibacakan langsung  oleh guru, begitu sebaliknya siswa juga dapat membaca sendiri isi big book yang mana dapat membantu kemampuan dalam membaca serta baik dalam wawasan maupun keterampilan dari setiap siswa.

c.    Siswa lebih cenderung merasa malas apabila disuruh untuk membaca buku bacaan dengan ukuran yang sangat tebal dan hanya menyajikan teks saja namun dengan media big book dapat membantu siswa lebih mudah untuk mencoba mencari tahu sendiri yang mana nantinya dapat membantu pemahaman siswa terkait dengan pokok pembahasan yang ada di dalam big book. Siswa menjadi mengerti dan memahami isi cerita dalam big book, hal ini dikarenakan media big book yang memiliki  karakteristi yang menarik dibandingkan dengan buku bacaan pada umunya serta membuat siswa tidak merasa takut atau malas untuk membaca,  ukuran teks dan gambar yang ada di big book  lebih besar selain itu teks bacaan yang ada tidak terlalu panjang namun yang ada adalah sederhana  sehingga siswa merasa tidak berat untuk membaca dan mampu dengan mudah memahami isi bacaan atau materi  yang dimaksudkan.

d.    Big book juga sebagi alat  yang dapat memfasilitasi siswa dalam menerima informasi baik dari guru, maupun materi pelajaran, karena dengan adanya ilustrasi gambar maka seakan-akan siswa dapat melihat secara langsung terhadap jalannya cerita dan siswa dapat dengan mudah untuk mengaitkan dalam peristiwa  sehari-hari. Hal inilah yang membuat mudah siswa untuk memahami serta mengaitkan informasi yang didapat dari big book dengan pengalaman sendiri,

e.  Big book merupakan media pembelajaran yang berupa buku bacaan yang berbeda dengan bacaan lainnya, selain ukurannya yang berbeda isi bahasan yang disajikan pada big book juga di konsep sedemikian menarik sesuai dengan konten anak-anak, hal inilah yang membuat siswa menjadi merasa tertarik dan mempunyai rasa ingin tahu terhadap apa yan gada di dalamnya. siswa menjadi antusias untuk mau membacanya tanpa harus guru menerangkan atau membaca langsung, siswa pun menjadi aktif kemampuan serta keterampilannya dapat  berkembang.

4)  Kelemahan Big Book

kelemahan diantaranya adalah sebagai berikut :

a.   Karena ukurannya yang besar dan tidak cuma hanya menampilkan teks berupa bacaan saja akan tetapi juga ada gambar yang juga di gunakan sebagi ilustrasi terhadap teks bacaan yang ada maka  dalam proses pembuatan big book membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit

b.  Karena bahan yang dibuat dari kertas serta pemakaian yang digunakan oleh lebih dari satu orang maka big book membutuhkan perawatan yang khusus agar kondisisnya tidak cepat mudah rusak.

c.   Teks bacaan yang ada pada big book umumnya hanya memperlihatkan bagian inti dari sebuah hal atau peristiwa jadi untuk penjelasan secara rinci masih dimungkinkan sangat terbatas.

5)  Langkah Membuat Media Big Book

Secara sederhana dan  manual  proses pembuatan media Big Book  adalah sepeerti berikut:

a.  Siapkan kertas minimal ukuran A3 atau kalau ingin membuat media pembelajaran dengan ukuran yang lebih besar maka guru bisa menyesuaikan kertas yang dipilih berdasarkan ukuran yang diinginkannya.

b.  Pilih atau tentukan topik cerita, apabila mengenai materi pelajaran maka pilih materi pelajaran yang ingin dimuat dalam big book.

c.  Kembangakan dalam teks berupa kalimat sesuai dengan topik atau materi pelajaran, proses penulisan dapat ditulis dengan mengunakan tangan atau bisa menggunakan teknologi komuter dengan beberapa aplikasi untuk membuat tampilan gambar atau teks bacaan bisa terlihat semakin menarik, proses penulisan sebaiknya tidak menggunakan kalimat atau penjelasan yang panjang dan melebar.

d.  Buatlah gambar sebagai ilustrasi untuk setiap halaman, gambar ilustrasi juga dapat mewakili dari teks bacaan yang sebelumnya sudah dibuat, proses pembuatan untuk memperindah gambar dan teks bisa menggunakan alat bantu aplikasi komputer untuk membuatnya.

e.  Setelah proses dari penyiapan bahan, pembuatan tulisan sampai pada proses pembuatan gambar maka pada tahap selanjutnya adalah pembuatn judul yang tepat dan menarik sesuai dengan isi atau cerita yang ada pada big book, untuk tampilan sampul danjudul agar lebih menarik bisa ditambahkan gambar pada sampul depannya

f.  Setelah media selesai media bisa digunakan dalam proses pembelajaran yakni dengan cara setiap siswa di bentuk ke dalam 4-5 kelompok setiap kelompok mendapat big book kemudian susaai dengan langkah dan petunjuk guru siswa diharapkan mamou meninterpretasikan informasi yang ada di big book ke dalam bahasanya sendiri.

 

 Sumber refrensi

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Sudjana, Nana, 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Dewi, Ria Susiswati Anita. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Big Book Dalam Pembelajaran Menyimak Siswa Kelas V Sd Hang Tuah 3 Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

 

 

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Magis NoveL Sang Penyair Karya Mustafa Lutfi Al-Manfaluti

Novel Sang Penyair karya Mustafa Lutfi el-Manfaluti,  Sebuah novel yang amat biasa ketika pertama kali aku menemukan di pojok rak Perpustakaan SMA dulu,  sampul sederhana hanya gambar orang eropa dengan judul sekadarnya saja" simple sekali, fikirku saat itu , dan belum tentu novel  ini bakal menyajikan balada yang membius pembacanya. Novel dengan tebal315 halaman  aku bawa pulang kerumah dan membacanya  per halaman  saking tebalnya novel itu7 hampir tuntas tiga minggu lebih, dan ada sesuatu yang menarik kutemukan. kau bisa membaca dan menyelami sambil menikmati secangkir kopi.    Kau tahu, inilah salah satu kelemahan jiwaku. Kelemahan yang aku nikmati dan aku kagumi satu-satunya. Dengan hidup seperti ini, aku memperoleh kenikmatan yang luar biasa dan engkau tak akan mampu mengetahui kenikmatan jiwa yang aku peroleh. Kenikmatan yang aku lihat dengan perasaan bahagia, walupun orang mengumpat dan mengutuki aku. Semua hinaan, sumpah serapah yang ...

Tawa Terakhir Joko Pinurbo Oleh: Hengky Dj

Sabtu sore waktu surabaya, maghrib mengambang diatas gedung sekolah dasar Klampis Ngasem 1, berisiknya suara kendaraan, lalu lalang membuat jalanan harus lebih dipenuhi dengan kesabaran. Melepas lelah dengan secangkir teh panas dan lantunan   musik Bosonova adalah cara laki-laki seperti kami mengusir segala keletihan yang membombardir tubuh. Pesan singkat dari Andri Kurniawan seorang guru sejarah yang gila akan sastra, membawa pesan duka bahwa Joko Pinurbo telah pulang dan selesai dengan puisinya. Iya… Untuk selamanya!. Kabar sedih teruntuk sastra Indonesia. Joko Pinurbo, si penyair dengan kreativitas melampaui batas, telah menghembuskan napas terakhirnya setelah melawan penyakit yang tak kalah kerasnya dari kepalanya yang selalu dipenuhi kata-kata indah. Ketika berita wafatnya Joko Pinurbo mencuat, dunia sastra Indonesia seakan kehilangan bintangnya yang selalu mampu membuat kata-kata berdansa seperti orang kesetanan di atas kertas kosong. Para penggemar sastra yang biasanya ten...

Diskon Keadilan: 6,5 Tahun

Panggung keadilan negeri ini kembali menyuguhkan drama yang lebih mengguncang daripada sinetron prime time. Kali ini, Harvey Moeis, seorang pengusaha sekaligus suami dari artis ternama Sandra Dewi, sukses mendapatkan "promo akhir tahun" berupa hukuman hanya 6,5 tahun penjara atas dugaan korupsi dana sebesar 300 triliun rupiah . Sebuah angka yang cukup untuk menutupi defisit APBN, tapi malah menjadi tiket emas untuk "liburan berfasilitas eksklusif." Bayangkan, dana sebesar itu bisa membangun puluhan rumah sakit, ribuan sekolah, atau bahkan menggaji ribuan guru honorer hingga tuntas. Tapi sayangnya, rakyat kecil hanya bisa gigit jari, sementara sang pelaku menikmati hasil jerih payah "dana abadi" rakyat. Adakah yang lebih ironis dari ini? 1.        Keadilan ala Negeri Dongeng Seperti di negeri dongeng, keadilan di negara ini terasa seperti cerita fiksi. Untuk mereka yang punya nama besar dan hubungan erat, hukum menjadi elastis—mudah dilenturkan. Band...