Media merupakan alat perantara dalam
menayampaikan pesan dari pengirim menuju
audince. Media menjadi salah satu
komponen komunikasi yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran yaitu
sebagai penjelas pembawa pesan dari guru menuju komunikan atau dalam hal ini
adalah siswa Criticos dalam Daryanto (2013:4). Media pembelajaran yang
mana fungsinya sebagai alat bantu perantara dalam
menyampaikan pesan baik berupa isi atau kata-kata dan tulisan maupun non verbal.
Sadiman
dalam Sudayana (2015:12) media mempunyai fungsi antara lain :
a)
Membuat
informasi menjadi jelas yang nantinya diterima oleh siswa.
b)
Mengatasi
keterbatasan baik ruang, waktu dan juga tenaga.
c)
Dapat
membuat siswa lebih termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
d)
Memungkinkan
anak untuk belajar mandiri dan aktif
dalam proses pembelajaran maupun saat menggunakan media pembelajaran.
e)
Memberi
respon atau rangsangan kepada siswa agar lebih siap dalam pembelajaran
Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dalam
PP No 19 tahun 2005, pasal 19, menyatakan
bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan di selenggarakan secara
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi siswa untuk
melatih, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis dari setiap siswa. Dengan demikian untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan,
inspiratif dan siswa juga bisa berpartisipasi aktif maka satu diantaranya
adalah dengan adanya media pembelajaran yang digunakan di dalam proses
pembelajaran, hal tersebut juga harus memperhatikan keseluruhan dari pemberian
kesan bermakna dalam proses belajar, maka ketepatan dalam pemilihan media
dimungkinkan juga akan berdampak pada hasil belajar siswa.
Penggunaan media
pembelajaran berguna untuk mempermudah dalam menyampaikan pesan yang ingin
disampaikan oleh guru kepada siswa sebagai penerima pesan. Satu diantara media
pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran agar siswa mampu berpartisipasi aktif sekaligus
mampu menginterpretasikan informasi yang ada
adalah dengan menggunakan media Big
book. Big book merupakan satu diantara media buku
yang memiliki ciri khusus bila dibandingkan dengan media yang lain, pada media big book memiliki ukuran baik gambar
maupun teks yang lebih besar.
Menurut
USAID Big book adalah buku bacaan yang memiliki bentuk baik ukuran teks
dan gambar yang sengaja diperbesar. Ukuran untuk media big
book bisa bermacam-macam dengan membuat ukuran kertas A3, A4, A5, atau
seukuran koran. big book merupakan
satu diantaranya buku bacaan yang berkharakteristik khusus, baik teks ataupun
gambarnya. Big book memiliki
kharateristik khusus seperti penuh dengan warna pada tampilan gambar atau
teksnya gambar yang menarik serta mempunyai
kata yang dapat dibaca dengan jelas memiliki keuntungan untuk cepat dimengerti
atau mudah untuk diingat oleh siswa.
Sudjana
(2013:50) apabila dilihat dari cara respon belajar siswa maka pengetahuan itu
memiliki peranan yang penting oleh karena itu untuk memperoleh satu diantaranya
bisa dilakukan dengan cara dihafal, diingat, agar dapat dikuasi dengan baik. agar siswa mampu untuk memahami atau
menginterpretasikan materi dengan cara membaca berulang-ulang big book akan menjadi satu diantaranya media yang disenangi
oleh siswa untuk belajar lebih banyak hal membuat siswa akan termotivasi untuk lebih mencari
tahu berbagai informasi dengan cara
membaca tanpa merasa bosan, sehingga mampu mengerti informasi yang ada pada big book.
1) Ciri-
Ciri Big Book
Pada
setiap media pembelajaran yang mana sebagai alat bantu dalam proses belajar
mengajar serta dalam upayanya meningkatkan kemampuan atau ketrampilan para siswa maka dalam hal ini setiap media
pembelajaran memiliki ciri khusus yang membedakan dengan media pembelajaran
yang lain. Hal ini dikarenakan harus disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan
kebutuhan siswa. Big book memiliki
ciri-ciri sebagai berikut:
a. Isi cerita singkat jumlah halaman bisa sampai 10-15 halaman
b. Paparan kalimat jelas
c. Gambar memiliki arti yang sama dengan teks bacaan
d. Ukuran huruf lebih besar dan disertai juga dengan gambar
e. Isi materi bacaan lebih mudah untuk dipahami
Dari paparan di atas
mengenai ciri-ciri big book maka
dapat disimpulkan bahwasanya setiap media pembelajaran berbeda dengan media
pembelajaran yang lain baik dari bentuk, ukuran, tulisannya serta cara
menggunakan media itu sendiri.
2)
Manfaat Big Book
Setiap media pembelajaran
memiliki manfaat sebagai alat bantu dalam kegitan proses belajar mengajar,
demikian pada media pembelajaran Big book
memiliki beberapa manfaat bagi guru sebagai alat bantu dalam menarik minat
baca, keaktifan serta proses pembelajaran berlangsung tidak membosankan selain
itu big book dengan karakteristiknya
yang khusus diharapkan dapat menarik perhatian para siswa untuk menyimak materi
dan menggali informasi dari teks serta gambar yang ada pada big book saat mengikuti kegiatan belajar
mengajar. Hal ini sejalan dengan manfaat
big book seperti :
a. Menggali informasi
b. Mampu memberi pengalaman dalam hal
membaca
c. siswa dalam memahmi isi buku lebih cepat
d. mengetahui berbagai jenis bentuk bacaan
e. Memberi kesempatan untuk membaca secara bersamaan
beberapa keuntungan
menggunakan big book sebagai berikut:
3) Kelebihan Big Book
a. Karena big book yang
berukuran besar, dimana di dalamnya juga terdapat teks dan gambar sebagai
ilustrasi terhadap pokok bahasan materi sehingga siswa dapat melihat, mengamati
pokok bahasan apa yang ada di dalam big
book yang menggambarkan jalannya cerita dengan ringkas dan jelas, dengan
penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah untuk dipahami oleh siswa, tentu hal
ini akan dapat menarik perhatianserta respon siswa dalam mengikuti kegiatan
belajar mengajar.
b. Dengan tampilan big book sendiri
yang menarik hal ini membuat siswa akan menjadi tertarik atau merasa ingin
lebih mengerti pokok bahasan apa yang ada di dalam big book saat materi atau isi bacaan big book dibacakan langsung
oleh guru, begitu sebaliknya siswa juga dapat membaca sendiri isi big book yang mana dapat membantu
kemampuan dalam membaca serta baik dalam wawasan maupun keterampilan dari
setiap siswa.
c. Siswa lebih cenderung merasa malas apabila disuruh untuk membaca
buku bacaan dengan ukuran yang sangat tebal dan hanya menyajikan teks saja
namun dengan media big book dapat
membantu siswa lebih mudah untuk mencoba mencari tahu sendiri yang mana
nantinya dapat membantu pemahaman siswa terkait dengan pokok pembahasan yang
ada di dalam big book. Siswa menjadi
mengerti dan memahami isi cerita dalam big
book, hal ini dikarenakan media big book yang memiliki karakteristi yang menarik dibandingkan dengan
buku bacaan pada umunya serta membuat siswa tidak merasa takut atau malas untuk
membaca, ukuran teks dan gambar yang ada
di big book lebih besar selain itu teks bacaan yang ada
tidak terlalu panjang namun yang ada adalah sederhana sehingga siswa merasa tidak berat untuk
membaca dan mampu dengan mudah memahami isi bacaan atau materi yang dimaksudkan.
d. Big book juga sebagi alat yang
dapat memfasilitasi siswa dalam menerima informasi baik dari guru, maupun
materi pelajaran, karena dengan adanya ilustrasi gambar maka seakan-akan siswa
dapat melihat secara langsung terhadap jalannya cerita dan siswa dapat dengan
mudah untuk mengaitkan dalam peristiwa
sehari-hari. Hal inilah yang membuat mudah siswa untuk memahami serta
mengaitkan informasi yang didapat dari big
book dengan pengalaman sendiri,
e. Big book merupakan media pembelajaran yang berupa buku bacaan yang
berbeda dengan bacaan lainnya, selain ukurannya yang berbeda isi bahasan yang
disajikan pada big book juga di
konsep sedemikian menarik sesuai dengan konten anak-anak, hal inilah yang
membuat siswa menjadi merasa tertarik dan mempunyai rasa ingin tahu terhadap
apa yan gada di dalamnya. siswa menjadi antusias untuk mau membacanya tanpa
harus guru menerangkan atau membaca langsung, siswa pun menjadi aktif kemampuan
serta keterampilannya dapat berkembang.
4) Kelemahan Big Book
kelemahan diantaranya
adalah sebagai berikut :
a.
Karena ukurannya yang besar dan tidak cuma hanya menampilkan teks
berupa bacaan saja akan tetapi juga ada gambar yang juga di gunakan sebagi
ilustrasi terhadap teks bacaan yang ada maka
dalam proses pembuatan big book
membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit
b.
Karena bahan yang dibuat dari kertas serta pemakaian yang
digunakan oleh lebih dari satu orang maka big
book membutuhkan perawatan yang khusus agar kondisisnya tidak cepat mudah
rusak.
c.
Teks bacaan yang ada pada
big book umumnya hanya memperlihatkan bagian inti dari sebuah hal atau
peristiwa jadi untuk penjelasan secara rinci masih dimungkinkan sangat
terbatas.
5) Langkah
Membuat Media Big Book
Secara
sederhana dan manual proses
pembuatan media Big Book adalah sepeerti berikut:
a. Siapkan kertas minimal
ukuran A3 atau kalau ingin membuat media pembelajaran dengan ukuran yang lebih
besar maka guru bisa menyesuaikan kertas yang dipilih berdasarkan ukuran yang
diinginkannya.
b. Pilih atau tentukan topik
cerita, apabila mengenai materi pelajaran maka pilih materi pelajaran yang
ingin dimuat dalam big book.
c. Kembangakan dalam teks
berupa kalimat sesuai dengan topik atau materi pelajaran, proses penulisan
dapat ditulis dengan mengunakan tangan atau bisa menggunakan teknologi komuter
dengan beberapa aplikasi untuk membuat tampilan gambar atau teks bacaan bisa
terlihat semakin menarik, proses penulisan sebaiknya tidak menggunakan kalimat
atau penjelasan yang panjang dan melebar.
d. Buatlah gambar sebagai
ilustrasi untuk setiap halaman, gambar ilustrasi juga dapat mewakili dari teks
bacaan yang sebelumnya sudah dibuat, proses pembuatan untuk memperindah gambar
dan teks bisa menggunakan alat bantu aplikasi komputer untuk membuatnya.
e. Setelah proses dari
penyiapan bahan, pembuatan tulisan sampai pada proses pembuatan gambar maka
pada tahap selanjutnya adalah pembuatn judul yang tepat dan menarik sesuai
dengan isi atau cerita yang ada pada big book, untuk tampilan sampul danjudul
agar lebih menarik bisa ditambahkan gambar pada sampul depannya
f. Setelah media selesai media
bisa digunakan dalam proses pembelajaran yakni dengan cara setiap siswa di
bentuk ke dalam 4-5 kelompok setiap kelompok mendapat big book kemudian susaai
dengan langkah dan petunjuk guru siswa diharapkan mamou meninterpretasikan
informasi yang ada di big book ke dalam bahasanya sendiri.
Sumber refrensi
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Sudjana, Nana, 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Sinar Baru Algensindo
Dewi, Ria Susiswati Anita. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Big
Book Dalam Pembelajaran Menyimak Siswa Kelas V Sd Hang Tuah 3 Surabaya:
Universitas Negeri Surabaya.
patut dicoba pak
ReplyDelete👍
ReplyDeleteGoofld
ReplyDeleteGG
ReplyDeletehh
ReplyDelete