Di
era dewasa ini pendidikan semakin tumbuh dan berkembang seiring perkembangan
peradaban manusia. Para ahli dan pakar dalam dunia pendidikan marak melakukan
pengembangan terkait penyajian pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan
tanpa mengabaikan segi konten dari bahan ajar yang disajikan. Terkait konten
pembelajaran saat ini digalakkan pembelajaran yang sifatnya terpadu
(terintegrasi). Dalam artian bahwa pembelajaran yang memuat konten materi dalam
pembelajaran memiliki keterpaduan antara bidang disiplin ilmu yang lain, dimana
konten pembelajaran tidak hanya memuat satu bidang disiplin ilmu yang lain
karena pembelajaran bersifat kontekstual terutama anak di tingkatan SD. Hal ini
didasari karena berdasarkan mengacu pada karakteristik peserta didik bahwa anak
pada usia SD belum mampu mengkonstruksi pengetahuannya dari abstrak ke konkrit
dan masih bersifat kompleks. Memilah pengetahuan dari berbagai bidang disiplin
ilmu atas suatu yang terjadi di lingkungannya masih sangat komplesk dan sulit
ditafsirkan.
Model pembelajaran
terpadu pada dasarnya merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan
siswa baik secara individual maupun kelompok aktif menggali dan menemukan
konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik bermakna dan otentik. Cara
pengemasan pengalaman belajar yang dirancang guru sangat berpengaruh terhadap
kebermaknaan pengalaman bagi siswa. Pengalaman belajar yang lebih menunjukkan
kaitan unsur-unsur konseptual menjadikan proses pembalajaran lebih efektif.
Kaitan konseptual yang dipelajari dengan sisi bidang studi yang relevan akan membentuk
skema, sehingga anak akan memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan.
Perolehan kebutuhan belajar, pengetahuan, serta kebutuhan pandangan tentang
kehidupan dan dunia nyata hanya dapat direfleksikan melalui pembelajaran
terpadu. Ditinjau dari cara memadukan konsep, ketrampilan, topik, dan unit
tematiknya menurut seorang ahli yang bernama Robin Fogarty (1991) terdapat 10
model merencanakan pembelajaran terpadu yang salah satunya adalah Model pembelajaran berbentuk
sarang/kumpulan (Nested). dalam
pembahasan kali ini hanya difokuskan pada model yang ketiga yaitu Nested.
berdasarkan uraian tersebut, pembelajaran Nested menjadi hal yang penting untuk
dibahas, agar guru dapat memahami pembelajaran terpadu Nested dengan baik dan
sesuai tujuan sebenarnya.
1. Dwonload link Pembelajaran Terpadu Model Nested: KLIK DISINI
2. Dwonload link PPT ModelTerpadu Nested : PPT
Comments
Post a Comment