Kurikulum Merdeka udah jadi topik panas di
kalangan guru dan sekolah nih, kayak mie instan abis ditirisin. Sejak pertama
kali diluncurkan, harapannya kurikulum ini bisa jadi solusi atas kebosanan
pendidikan yang serba kaku. Tapi, yaaa… namanya juga kurikulum baru, adaptasi
pasti butuh waktu, apalagi kalau gurunya masih galau antara nyiapin Modul ajar
atau mikirin utang cicilan (eh, curhat ya?).
Tantangan
dan Peluang Kurikulum Merdeka
Sebagai guru di SDN Klampis Ngasem 1/246,
Kurikulum Merdeka ini kadang bikin perasaan kayak naik roller coaster—deg-degan
tapi seru. Kurikulumnya minta guru buat lebih kreatif dan fleksibel, mirip
kayak gimana kita mutusin menu makan siang pas dompet lagi tipis. Tapi ya
jujur, nggak gampang, Sob!
Masalah terbesar sih, kesiapan guru. Mau
nggak mau, saya dan rekan-rekan guru harus banyak belajar, kayak mahasiswa yang
ngejar skripsi di deadline terakhir. Untungnya, di balik tantangan ini ada
peluang buat ngajarin anak-anak dengan cara yang lebih fun. Mereka nggak
cuma belajar dari buku, tapi juga dari pengalaman sehari-hari, kayak waktu kita
ngajarin matematika pake contoh harga di warung—seketika anak-anak jadi jago
hitung kembalian!
Pengalaman
Pribadi Menerapkan Kurikulum Merdeka
Kalo ditanya pengalaman saya, ibaratnya
kayak nyetir kendaraan baru, awalnya kagok, tapi lama-lama jadi asyik juga. Di
SDN Klampis Ngasem 1/246, kita punya beragam peserta didik, termasuk anak-anak
dengan kebutuhan khusus. Nah, Kurikulum Merdeka ini memungkinkan saya buat
menyesuaikan metode pembelajaran sesuai kebutuhan anak-anak, kayak kita ngatur
playlist biar pas sama suasana hati.
Kadang-kadang, saya suka ngajak mereka
belajar pake alat-alat sederhana, kaya bikin simulasi sains pake barang-barang
di rumah. Suatu hari, pernah ada peserta didik yang nanya, “Bu, kenapa lampu
nyala?” Langsung deh saya jawab, “Itu karena ada listrik, bukan karena lampunya
jatuh cinta sama saklar!” Anak-anak ketawa, saya juga ketawa. Di situ kadang
saya merasa kebahagiaan nggak butuh ribet, cuma butuh sedikit humor receh.
Nah, di tengah tantangan itu, ada juga
cerita-cerita unik dari rekan-rekan guru senior. Misalnya, ada Bu Nur—guru yang
udah sepuh tapi semangatnya luar biasa. Kalau ngomongin Bu Nur ini, diibaratkan
sebagai "api dalam sekam"—tenang di permukaan, namun menyimpan
energi dan semangat yang luar biasa di dalam. Meskipun usianya sudah matang,
langkah dan pemikirannya tetap lincah. Beliau ibarat "mata air di
tengah padang gersang", membawa kesejukan dan inspirasi di tengah
perubahan Kurikulum Merdeka yang menantang. Tak peduli berapa lama waktu telah
berlalu, Bu Nur tetap "seperti elang terbang tinggi", penuh
kewaspadaan dan ketangkasan dalam menyesuaikan diri, menjadikan pengalaman
panjangnya sebagai pijakan untuk terus melesat ke depan, seakan tanpa lelah. .
Sebelum
Kurikulum Merdeka, Bu Nur mengajar dengan pola yang sudah teratur, rapi, dan
sesuai SOP (Standar Orang Sepuh). Tapi sekarang, begitu ada Kurikulum Merdeka,
tiba-tiba beliau dituntut untuk bergerak cepat kayak anak muda zaman sekarang
yang multitasking sambil ngetik sambil makan bakso.
Pernah suatu kali Bu Nur bilang,
"Waduh, ini saya mesti belajar aplikasi apa lagi nih? Nanti salah pencet,
malah error laptop saya!” Tapi jangan salah, Bu Nur ini cepet banget
belajarnya, kayak abis minum es the nya Mbak Mus terus langsung seger lagi.
Cuma bedanya, tiap kali berhasil kuasain teknologi baru, beliau bakal ketawa
kecil sambil ngomong, “Ah, ternyata nggak susah-susah amat ya. Kirain kayak
belajar ngoding!” Kami semua di ruang guru ketawa, karena tahu Bu Nur selalu
punya cara bikin semuanya jadi lebih ringan.
Intinya sih, Kurikulum Merdeka ini punya
masa depan yang gimana ya apa sebagus filandia atau secara konsep emang bagus
tapi tidak dengan karakter bangsa kita, coba
tulis pendapatmu!. Tapi ya, jangan ngarep mulus kayak jalan tol—bakal ada aja
lubang di sana-sini. Tantangannya ada, tapi kalau kita bisa hadapi dengan
santai dan sedikit canda tawa, pasti bisa diatasi. Apalagi di sekolah kayak SDN
Klampis Ngasem 1/246 yang dukungan dari guru-gurunya solid banget, kayak band
rock yang kompak di panggung.
Sebagai guru, saya udah ngalamin gimana
Kurikulum Merdeka ini bikin kita lebih bebas bereksperimen dalam mengajar. Dan
jujur, kalau semua bisa dijalanin dengan enjoy, anak-anak belajar, kita pun
bahagia. So, nasib Kurikulum Merdeka? Mungkin jawabannya bisa kita temuin di
balik tawa anak-anak di kelas setiap harinya!.
Nasib Kurikulum Merdeka bisa dibilang kayak
main roller coaster—naik-turun, tapi seru banget kalau dinikmati. Tantangan
memang ada, tapi dengan semangat kayak Bu Nur, yang walaupun udah sepuh tapi
tetap gesit, kita semua bisa ngikutin arus perubahan ini. Di SDN Klampis Ngasem
1/246, kami belajar bareng, ketawa bareng, dan pastinya, mencoba ngelewatin
setiap tantangan dengan santai tapi tetap fokus. Yang penting, jangan lupa bawa
humor ke kelas biar semuanya lebih ringan, karena kadang tawa peserta didik itu
adalah energi paling ampuh buat ngadepin hari-hari mengajar!
( Bu Nur bersama peserta didik )
Comments
Post a Comment